Amazon MP3 Clips

Rabu, 29 Juli 2009

Stem Guitar


stem guitar

dalam bermain guitar kemampuan paling mendasar dalam hal ini bukan hanya mampu memainkan guitar dengan acord ataupun scale dan teknik lainnya, akan tetapi kemampuan untuk melakukan penyeteman pada guitar kita terutama buat kamu yang tergolong masih baru belajar guitar setidaknya taulah bagaimana cara menyetem guitar sendiri, kalo enggak yaa bisa malu-maluin tuh.nah disini saya coba sedikit membagi ilmu yang ala kadarnya ini buat ente semua yaa moga aja berguna (amien)

untuk melakukan penyeteman secara sederhana adalah dengan menyamakan nada pada fret tertentu dengan senar tertentu pula, nah disini sangat diperlukan pendengaran yang tajam (gak bolot deh pokoknya)


pertama:

hal pertama yang harus dikerjakan adalah membaca doa dulu (lho) ini penting agar segala pekerjaan berakhir sesuai yang diharapkan dan sempurna.


kedua:

kencangkan senar no. 1 pada guitar kamu kalo gak tau senar no. 1 itu senar yang paling bawah sendiri, paling kecil, paling tinggi suaranya, dan paling rawan putus saat melakukan penyeteman karena itulah saya menggunakan teknik menyetem dari bawah dulu baru keatas, jadi berhati-hatilah saat mengencangkan senar yang satu ini jangan terlalu kencang tapi juga jangan terlalu kendor.


ketiga:

tekan pada fret ke 5 senar no. 2 yaitu senar diatas senar no. 1 sedangkan pada senar no. 1 biarkan lepas (open string) bunyikan kedua senar bersamaan atau berurutan dengarkan kemudian samakan nadanya, jika nada senar no. 2 fret ke 5 lebih rendah dari senar no. 1 lepas, maka kencangkan senar no. 2 hingga sama nadanya dengan senar no. 1 lepas, jika terlalu tinggi tinggal dikendorkan saja.











keempat:

pada penyeteman senar no. 3 memakai nada pada senar no. 3 fret ke 4 disamakan nadanya dengan senar no. 2 lepas










kelima:

pada penyeteman senar no. 4 memakai nada pada senar no. 4 fret ke 5 disamakan nadanya dengan senar no. 3 lepas










keenam:

pada penyeteman senar no. 5 memakai nada pada senar no. 5 fret ke 5 disamakan nadanya dengan senar no. 4 lepas











ketujuh:

pada penyeteman senar no. 6 memakai nada pada senar no. 6 fret ke 5 disamakan nadanya dengan senar no. 5 lepas









tapi ingat untuk seteman yang lebih standart (frekuensi nada sebenarnya) harus dibandingkan dengan instrumen lain yang sudah standart seperti piano atau dengan bantuan alat lain seperti garpu tala dan tuner digital. tapi kalo cuman buat nyanyi-nyanyi depan rumah (ngamen kalee) gak perlu sampe harus standart nadanya yang penting sesuai dengan jangkauan nada suara vokal kita (ya kalo bagus suaranya..)

sekian dulu sedikit ilmu yang saya turunkan pada anda semua pergunakanlah dengan bijak dan jangan sampai jatuh ke tangan yang salah yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

di comment dong